Website, layaknya dengan usaha offline lainnya memerlukan perhatian dan maintenance agar website bisa beroperasiional secara aman dan lancar. Untuk perawatan website ini dapat di lakukan sendiri atau anda dapat menggunakan jasa agency website maintenance.

Dibawah ini adalah 5 Alasan kenapa website butuh maintenance.

1. Security

Saat ini pertumbuhan di dunia teknologi termasuk software yang terkait dengan operasional website dan server anda berkembang terus. Baik dari segi fungsi dan fitur keamanan-nya. Website maintenance yang baik akan melakukan update security baik dari segi programming website dan juga segi software pendukung hardware server anda.

Pastikan support atau team website yang anda pilih memiliki kemampuan di bidang ini. Ini untuk menghindari kerugian jangka pendek atau jangka panjang brand atau perusaahaan anda khususnya terkait brand yang memiliki akses digital.

Karena virus dan malware begitu banyak jenisnya. Contoh malware website yang sangat mengerikan adalah malware yang disengaja di instal oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan spam dengan menggunakan server anda TANPA sepengetahuan anda.

Hal ini jelas sangat merugikan, selain website anda dapat terkena pinalti dari segi SEO yang mungkin telah anda lakukan demikian lama. Domain anda pun akan di black list oleh antivirus default pada browser.

Sehingga apabila pengunjung akan masuk ke website anda, akan ada warning dengan background merah bahwa website yang akan dituju mengandung malware dan berbahay. Tentunya ini akan sangat merugikan bukan hanya web anda, tapi juga nama baik.

Warning web virus

Contoh warning di browser chrome

2. Melakukan Website Update Secara Reguler

Pengunjung dan search engine seperti google suka dengan website yang memiliki konten yang fresh setiap saat. Walau tidak selalu ini alasan kurang lebih-nya :

  • Website yang aktif mencerminkan perusahaan yang biasanya aktif juga
  • Alasan untuk pengunjung bisa kembali lagi ke website anda. Karena di dunia online traffic = sales.
  • Peningkatan ranking website anda di hasil pencarian google atau SEO yang lebih baik.

Baca : Apa itu Search Engine Optimization atau SEO 

Selain melakukan penambahan untuk konten, perubahan juga sesekali diperlukan. Anda akan terkejut di saat melihat website-website besar seperti google, yahoo, atau tokopedi selalu merubah tampilan website baik itu minor atau menyeluruh.

Untuk melihat kilas balik website-website anda bisa melalui website wayback machine

Selain untuk mengikuti trend design agar enak di pandang mata, perubahan design tampilan website juga seringkali diiringi dengan update sofware dan security untuk website itu sendiri.

3. Sosial Media.

Mungkin yang “wajib” di update secara reguler saat ini adalah sosial media. Dimana sosial media telah menjadi gerbang penghunbung komunikasi dua arah antara perusahaan anda dan user.

Website maintence hampir selalu terhubung dengan sosial media, sebagain contoh anda menambahkan artikel baru pada blog di website anda maka perlu di share. Anda melakukan perubahan logo atau template, maka baiknya design profile sosial media juga mengikuti perubahan tsb.

Banyaj hal yang bisa dilakukan di sosial media selama masa website maintenance, seperti :

  • Melakukan posting harian baik yang bersifat soft selling atau hard selling atau sekedart quote, kurasi dsb.
  • Melakukan viral campaign, on-going promo dan semua yang bersifat promosi.
  • Maintain pertumbuhan follower baik dengan interaksi atau melalui media influencer dan iklan berbayar pada sosial media.

4. Analisa Traffic.

Melakukan day-2-day analisa mengenai kunjungan, dari mana kunjungan itu berasal, siapakah sumber terbesar yang mengantarkan pengunjung ke website anda. Dan juga seringkali untuk menghitung seberapa efektif misalnya iklan yang anda pasang mendatangkan pengunjung.

Fungsi lainnya adalah untuk melihat apakah kunjungan tesebut dapat terkonversi menjadi sales, dan yang tak kalah penting dari analisa kunjungan kita juga dapat melihat apakah user “suka” dengan konten atau tampilan website kita saat ini.

Seringkali faktor analisa ini adalah sebagai penentu keputusan apakah website harus di ganti design atau tidak, apakah iklan harus di stop atau malah di tambah budgetnya, apakah user yang datang ke website itu adalah jenis “user” yang memang menjadi target dll.

5. Server Maintenance.

Mungkin sebagian pengguna website yang menggunakan shared hosting tidak di pusingkan lagi dengan urusan ini, karena biasanya sudah termasuk pada biaya hosting.

Yang perlu di ingat adalah layanan ini biasanya terdapat hanya pada paket-paket hosting yang dimana traffic website tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk website dengan traffic yang tinggi, apalagi menggunakan server sendiri seperti dedicated atau collocation server, Maka ini wajib di lakukan dari waktu ke waktu.

Dalam rutinitasnya server maintenance melakukan :

  • Backup file dan resource website secare berkala, baik itu harian, mingguan dan bulanan.
  • Melakukan software update untuk menjamin keaman server dan website
  • Monitoring alert, apabila terjadi error atau kendala pada server, maka langsung dapat di tindak lanjutin dengan cepat. Baik itu dari segi perbaikan ataupun melakukan restore dari file backup.

Feeling Generous? Please share., terima kasih.


Recommended
SEO atau search engine optimization adalah cara atau teknik-teknik tertentu…