Study Case : Meningkatkan Pageview dengan Re-design website

Mungkin ini adalah sebagian besar pertanyaan pemilik website atau bisnis online.

  1. Kenapa website saya sepi pengunjung ?
  2. Kenapa banyak pengunjung namun sepi pembeli?

Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.. bisa jadi, barang terlalu mahal, website down atau server mati terus, atau mungkin halaman design website yang membuat sulit pengunjung. dll

Pada kesempatan kali ini saya ingin membuat study case untuk autokilap.com yang website sekitar tiga hari yang lalu selesai di desain ulang. dengan tujuan untuk menaikan jumlah pageview

Rata-rata perhari, autokilap.com menerima kunjungan sebanyak 100 kunjungan perhari. dengan jumlah pageview 1,5 halaman per kunjungan. 100 kunjungan perhari untuk jasa salon mobil adalah hal yang cukup besar. Namun yang jadi permasalahannya adalah pageview yang terlalu kecil. Autokilap ingin menaikan jumlah pageview menjadi lebih besar.

Analisa kami

Seringkali yang terjadi dalam rendahnya pageview adalah masalah pada design, menu navigasi atau konten awal yang tidak memiliki ‘stoppping point’ yang kuat. Pesan yang terlalu ramai dan bertele-tele, dan design yang tidak mobile friendly.

Halaman yang menjadi concern kami adalah selalu pada landing page atau halaman muka, karena seringkali bounce tercipta pada halaman pertama. Permasalahan yang terdapat pada landing page terdahulu adalah terlalu banyak informasi yang di jejalkan pada satu kolom sehingga membuat pengunjung tidak memperhatikan link lain untuk menuju halaman lain dan langsung check out (tanpa melihat halaman lain)

Masalah  yang kedua adalah halaman booking yang terlalu banyak. Autokilap memiliki 3 paket jasa salon mobil dan masing-masing memiliki halaman booking sendiri. mengakibatkan banyaknya telp masuk hanya untuk bertanya harga.

Maka dengan memiliki halaman booking yang ter-central dimana pengunjung bisa langsung mengecek semua harga terkait servis autokilap maka akan sangat memudahkan pengunjung,

Sedangkan untuk halaman lain tidak ada perubahan yang berarti. karena yang terpenting adalah halaman muka dan flow yang jelas, design website yang profesional seringkali meningkat kepercayaan diri konsumen akan produk atau brand anda.

berikut di bawah ini adalah hasil before dan after. (klik disini untuk langsung melihat autokilap.com yang baru)

BEFORE

 

before re-design

before re-design

After re-design

After re-design


Dan berikut ini adalah catatatan statistik autokilap.com

Memperlihatkan jumlah pageview yang meningkat lebih dari 100% setelah redesign setelah di publish pada tanggal 24 januari 2015 malam.

Dimana rata-rat kunjungan terlihat pada chart di bawah adalah tetap sama, yaitu pada kisaran 100 kunjungan perhari untuk VISITORS dan Jumlah VIEWS yang telihat lebih dari dua kali lipat berbanding sebelum tanggal 24 Jan 15.

IMG_1366

 

Hal ini membuktikan bawha design website yang baik, profesional, serta informatif memiliki peranan yang besar dalam membuat orang betah di karenakan pengunjung dapat menemukan informasi yang diperlukan tanpa perlu berfikir keras.

Pada statistik dibawah ini terlihat, bahwa halaman BOOKING yang baru di buat oleh desainbagus.com langsung menduduki tingkat ke-dua halaman yang paling sering di kunjungi. Halaman booking di buat central untuk  semua paket, jasa dan untuk melakukan pengecekan harga dengan mudah. Sehingga mengurangi telp masuk untuk sekedar menanyakan harga.

 

IMG_1368

Perlu di ingat halaman booking, atau halaman check out adalah halaman yang paling diharapkan di lihat pembeli oleh para pemilik website. Tentu setelah pembeli dapat mengerti barang atau jasa apa yang di tawarkan.

Adalah tugas para web designer dan developer untuk membantu pemilik usaha dalam membuat flow website yang mengarahkan orang untuk membeli tanpa proses yang terlalu rumit.

Selamat untuk autokilap.com langkah selanjutnya yang harus di analisa dan diperbaiki adalah menambah servis baru, menambah pemasukan dan meningkatkan konversi goal pada website autokilap.

Thank for reading

see ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *